Ketua DPR Minta Publik Maafkan Sukmawati



Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta publik tak memperpanjang polemik puisi kontroversial Sukmawati Sukarnoputri. Karena, Sukmawati telah meminta maaf secara terbuka.

"Kalau beliau sudah minta maaf ya sebaiknya (selesai) karena ini sifatnya delik aduan sebaiknya dimaafkan dan itu tidak boleh terulang lagi. Itu saran saya," kata Bamsoet di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 April 2018.

Bamsoet meminta publik belajar dari peristiwa itu, terutama dalam bertutur kata. Kebebasan berekspresi bisa disampaikan tanpa menyinggung agama.

Menurut Bamsoet, agama merupakan hal yang sensitif. Sudah seharusnya setiap warga negara saling menghargai dan menghormati agama lain.

"Kita sudah sepakat bahwa kita adalah plural dan saling menghargai ajaran agama kita masing masing," lanjut dia.

Bamsoet mengapresiasi sikap Sukmawati yang menyadari kesalahan dan meminta maaf. Bamsoet pun berharap publik bisa menerima permintaan maaf Sukmawati.

"Menurut saya pribadi ya, semua sudah selesai karena yang bersangkutan sudah menyesali sikapnya dan sebagai umat beragama apalagi umat Islam harus bisa memaafkan," pungkas Bamsoet
.
Sumber: Metrotvnews