Ketua DPR Dukung Pembentukan Pansus Kasus First Travel


Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendukung dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) kasus First Travel. Pembentukan Pansus untuk menbantu kejelasan nasib jemaah yang terlantar saat ini.

"Apapun yang menjadi keluhan masyarakat harus direspons oleh DPR. Nah dalam hal ini korban First Travel sudah melapor pada Komisi III dan akan dibentuk Pansus. Kami pimpinan mendukung langkah-langkah itu, jadi segera saja dibentuk," kata Bambang di komoleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 April 2018.

Menurut Bambang, kasus penipuan jemaah umrah sudah menelan banyak korban. Pengawasan dari Kementerian Agama perlu untuk disoroti.

"Akar persoalan ini bukan persoalan yang sekali dua kali, tetapi terus menerus yang tidak bisa diselesaikan secara permanen. Bagaimana fungsi Kemenag dalam hal pengawasan," ujar Bambang.


Meski kasus ini sendiri sudah disidangkan, namun menurut Bambang masalah tak begitu saja selesai. Pansus juga menurutnya dibutuhkan untuk dibentuk.

"Soal pengadilan sedang berjalan itu soal lain, kita mencegah supaya tidak terjadi lagi bentuk-bentuk penyimpangan atau penipuan yang hampir sama. Dan itu sudah berlangsung banyak kasus yang kita temui, tapi terus aja muncul kasus-kasus berikutnya," ucap dia.

Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan mengatakan pekan depan, usul ini akan disampaikan pada pimpinan DPR. Sehingga pimpinan DPR bisa memanggil fraksi-fraksi dan menyepakati soal ini.

"Mudah-mudahan kalau itu bisa terlaksana, sebelum berakhirnya masa sidang ini tanggal 28 April ini bisa dibentuk pansus ini oleh DPR," kata Trimedya.
sumber: metrotvnews