Jokowi akan Buka KTT Islam Wasatiyyah di Bogor


Presiden Joko Widodo dipastikan membuka konferensi tingkat tinggi (KTT) Islam wasatiyyah di Bogor, Selasa, 1 Mei 2018. Acara itu akan dihadiri 50 ulama dunia dan 50 ulama dalam negeri.

"Insyaallah KTT Bogor tentang wasatiyyah Islam ini akan dibuka Presiden RI di Istana Bogor pada 1 Mei 2018," kata Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Kamis, 5 April 2018.

Persidangan KTT akan berlangsung di Novotel Bogor. Acara ditutup pada Kamis, 3 Mei 20178 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta Pusat.

Dia menjelaskan acara ini akan membahas wasatiyyah Islam baik konsepsi maupun implementasi. Indonesia pun akan membagikan pengalaman mengamalkan Islam wasatiyyah.

Wasatiyyah, kata dia, merupakan hakikat Islam yang menekankan pendekatan jalan tengah, tidak sekadar moderat, toleran, penuh tenggang rasa. Pendekatan ini dinilai dapat mengatasi ekstremisme dan radikalisme.

"(Wasatiyyah) bisa tawarkan nanti menjadi satu solusi alternatif untuk mengatasi krisis peradaban global dewasa ini yang oleh banyak pakar sekarang disebut dunia mengalami disorder, ketakteraturan, ketidakpastian, world of disuncertainty dan terjadi kerusakan pada peradaban global. Kiranya prinsip Islam wasatiyyah menjadi solusi," papar Din.

KTT di Bogor akan dihadiri Imam Besar Universitas Al Azhar di Kairo Muhammad Ahmad Al Thayyib dan ulama besar Abu Dhabi Syekh Abdullah Bin Bayyah. Tokoh organisasi masyarakat Islam di Tanah Air pun diundang.

"Semua kalangan, semua kelompok kita undang apa pun kategorinya, apa pun mazhab, tadi saya sebut kecenderungannya. Saya tidak sebut kategorinya, semua kita undang. Apakah ikut 212 atau tidak, kita undang semua. Tapi tidak semua (anggota), sifatnya perwakilan," ungkap dia.
sumber: metrotvnews