Dua Elemen Pendongkrak Unicorn Indonesia


Perusahaan rintisan yang masuk jajaran unicorn (sebutan bagi startup) di Indonesia bervaluasi sebesar USD1 miliar atau setara Rp13,5 triliun (kurs Rp13.500 per USD), didominasi oleh sektor e-commerce dan transportasi.

Namun demikian, Ventura Capital Managing Partner dan Lippo Group Director Rudy Ramawy mengatakan ekosistem tersebut perlu dilengkapi elemen penunjang di sektor pembayaran dan pendanaan.

"Untuk melengkapi ekonomi digital ada dua elemen, pendanaan dan pembayaran. Indonesia lebih cepat maju dengan dua hal itu," ujar Rudy usai menghadiri acara Indonesia Summit 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 5 April 2018.

Menurutnya dua elemen tersebut dapat mendongkrak perkembangan  perusahaan teknologi Indonesia melebihi Tiongkok dan India. Tapi minimnya Sumber Daya Manusia masih menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah transaksi digital payment.

"Sebelum menggunakan platform dengan transaksi besar kita harus belajar dalam jangka waktu dekat dengan negara seperti India, mereka sudah pernah melakukan kesalahan dan merasakan transaksi Rp0-Rp20 juta dalam sehari," tambahnya.

Selain itu, pengetahuan ilmu pemrograman dan kemampuan bahasa Inggris menjadi nilai tambah untuk SDM Indonesia agar mampu beradapatasi dengan persaingan teknologi tingkat dunia.

 
sumber: metrotvnews