Bappenas Minta Sektor Kebudayaan Dapat Anggaran Memadai


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menilai pembangunan sektor kebudayaan harus mendapatkan anggaran yang memadai. Pembangunan di sektor kebudayaan dinilai penting.

"Kebudayaan harus mendapatkan pembiayaan yang memadai supaya tidak tertinggal. Bagi kami, Bappenas pemeliharaan cagar budaya sangat penting," kata Direktur Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan Bappenas, Almich Alhumami di acara seminar 'Belajar dari Kebakaran Bangunan Cagar Budaya dan Rumah Adat', Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis, 5 April 2018. 

Almich mengatakan pemeliharaan cagar budaya merupakan bagian dari usaha merawat dan mengukuhkan identitas bangsa. Untuk itu Bappenas berkomitmen memberikan pendanaan yang memadai bagi pembangunan sektor kebudayaan.

"Meskipun kita menjadikan sektor pembangunan ekonomi menjadi prioritas, akan tetapi dimensi kebudayaan ini juga penting," tutur Almich.

Untuk mewujudkan komitmen itu, Almich mengatakan pemerintah telah menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebudayaan mulai tahun 2019 mendatang. DAK Kebudayaan akan dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"DAK ini baru tahun pertama untuk Kebudayaan. Pemanfaatannya termasuk untuk museum dan cagar budaya. Ini kesempatan yang sangat bagus untuk mengambil dana dari APBN di luar dari yang biasa diberikan," kata dia.
sumber: metrotvnews